4 Bisnis yang Cocok Pakai Jasa Kelola IG

arikurniawan

Banyak bisnis memilih menggunakan jasa kelola IG yang disediakan oleh agensi digital marketing. Tapi, tahukah kamu kalau tidak semua skala bisnis tepat menggunakan jasa ini? Dalam tulisan ini akan dijelaskan bisnis skala mana yang paling cocok dan kurang cocok menggunakan agensi digital marketing.

Bisnis yang Tepat Memakai Jasa Kelola Instagram

Bisnis yang Belum Memiliki Instagram / Instagram Dikelola Seadanya

Instagram merupakan salah satu akun sosial media yang cukup penting untuk dimiliki oleh bisnis, terutama bisnis yang mengutamakan visual seperti:

  • F&B (Restaurant, Cafe, Bar, Bakery)
  • Hospitality (Villa, Hotel)
  • Service (Jasa profesional; salon, tattoo)

Bisnis yang tidak mengutamakan visual seperti perdagangan juga bisa mendapatkan keuntungan dari memiliki akun Instagram yaitu lebih mudah ditemukan dan juga memberikan branding yang baik pada calon klien. Bisnis yang belum memiliki Instagram bisa memiliki skala kecil hingga besar, tidak sedikit bisnis besar yang belum go online.

Instagram yang dikelola seadanya juga sama buruknya dengan tidak memiliki akun Instagram. Menggunakan jasa kelola IG akan memungkinkan bisnis untuk bisa 100% fokus pada bisnisnya namun tetap memiliki kehadiran online yang baik.

Bisnis yang Baru Memulai & Memiliki Modal untuk Digital Marketing

Bisnis pertama yang tepat menggunakan jasa kelola IG adalah bisnis yang baru saja dimulai dan memiliki modal yang cukup untuk menyewa third party agency. Kenapa menggunakan jasa agency digital marketing tepat untuk bisnis ini?

  1. Agensi digital marketing memiliki orang-orang yang sudah expert di bidangnya masing-masing, menghemat waktu dan biaya untuk merekrut tim in-house di awal.
  2. Agensi juga sudah memiliki workflow dan peralatan yang dibutuhkan untuk memproduksi konten dan menjalankan kampanye yang dibutuhkan.

Dua poin ini akan membantu bisnis dalam membuat strategi digital marketing yang tepat dan digital presence yang baik sejak awal.

Tapi bisnis juga harus memastikan memiliki budget yang cukup untuk menyewa jasa digital marketing setidaknya selama 3 bulan yaitu sejak masa pra-launch, launch period hingga post-launch.

Bisnis yang Sedang Ingin Berkembang

Tipe bisnis kedua yang cocok menggunakan jasa kelola Instagram adalah bisnis yang sudah memiliki cashflow stabil yang ingin berkembang / melakukan scale up. Bisnis tipe ini akan bisa berkembang lebih cepat dan lebih besar dengan bantuan digital marketing.

Digital marketing bisa membantu bisnis dalam:

  • Menjangkau pasar yang lebih luas (luar kota hingga seluruh Indonesia).
  • Menargetkan calon klien / pembeli potensial secara lebih tepat.
  • Pembuatan konten untuk keperluan branding dan marketing.

Bisnis Skala Besar yang punya Kampanye Khusus / Brand Baru

Terakhir adalah bisnis skala besar yang memiliki kampanye khusus atau brand baru yang ingin diluncurkan.

Bisnis skala besar / berskala nasional masih cocok untuk menggunakan jasa kelola Instagram namun hanya jika memiliki kampanye khusus atau brand baru yang ingin dirilis. Kenapa?

  1. Karena third party agency akan memberikan nuansa baru dan berbeda pada kampanye atau brand baru yang dijalankan.
  2. Tim marketing utama (in-house) tidak akan terganggu dengan adanya kampanye khusus / brand baru ini dan bisa fokus pada kampanye utama perusahaan.

Bisnis yang Kurang Tepat Memakai Jasa Kelola Instagram

Bisnis yang Baru Memulai & Modal Terbatas

Bisnis dalam kategori ini sebenarnya bukan kurang cocok menggunakan jasa kelola IG, namun jika memang memiliki modal yang terbatas, maka modal lebih baik digunakan untuk mengembangkan bisnis dibandingkan untuk menggunakan jasa dari digital agensi.

Lalu, bagaimana dengan digital marketing-nya?

Harus dilakukan sendiri, baik oleh pemilik bisnis atau tim yang ada di bisnis tersebut. Hal ini akan sangat menghemat biaya yang dikeluarkan untuk digital marketing, namun tentu harus ada waktu yang dikorbankan untuk melakukannya.

Bisnis yang sudah Berskala Besar

Bisnis yang sudah memiliki skala yang besar kurang cocok untuk menggunakan jasa kelola Instagram ataupun digital marketing lainnya. Kenapa? Karena jika tidak memiliki kampanye khusus yang ingin dijalankan atau brand baru yang ingin diluncurkan, lebih baik memiliki tim digital marketing in-house.


Itulah beberapa bisnis yang cocok dan yang kurang cocok dalam menggunakan jasa kelola IG.

About the author

Ari Kurniawan - Founder Mata Badai Studio.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x