Jasa Pemasaran Online, Tingkatkan Jangkauan dengan Tools Digital Marketing

arikurniawan

Kegiatan yang dilakukan pebisnis saat ini sebagian besar sudah banyak yang beralih secara online. Semuanya mulai dari pemasaran hingga penjualan dan berhubungan dengan klien saat ini sudah banyak yang dilakukan secara online. Jasa pemasaran online bisa menjadi solusi yang tepat bagi kamu yang masih baru terjun ke dunia online.

Mengapa harus menggunakan jasa pemasaran? Hal tersebut karena dalam mengelola strategi pemasaran, kamu memerlukan penggunaan tools digital marketing. Tanpa tools marketing tersebut bisnismu akan mengalami kesulitan dalam mengukur keberhasilan pemasaran online. 

Rekomendasi Tools Marketing yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Bisnismu

Adapun di bawah ini terdapat beberapa tools marketing yang bisa kamu gunakan dalam mengelola strategi pemasaran bisnismu dengan baik.

Ahrefs

Tools marketing pertama dari jasa pemasaran online yang bisa direkomendasikan pada artikel ini adalah Ahrefs. Tools yang satu ini menyediakan berbagai pilihan analisis profil link. Menariknya tidak hanya memberikan status terkini terhadap pemahamanmu pada performa konten yang kamu miliki saja namun tools ini juga bisa mengecek performa konten yang dimiliki kompetitor.

Fitur utama yang ada pada Ahrefs yaitu site explorer, alat yang satu ini memungkinkan kamu untuk melakukan analisis inbound link maupun backlink yang tercatat masuk ke situsmu. Selain itu dengan tools ini juga kamu dapat mengetahui berapa banyak jumlah halaman yang sudah di crawl pada search engine ataupun mengetahui keyword apa yang paling menguntungkan pada search engine.

Menariknya dengan tools ini kamu bisa membandingkan data yang disebutkan tadi dengan para kompetitor sehingga kamu juga dapat mencari tahu ranking kompetitor terhadap keyword tertentu.

Tidak hanya berkaitan dengan analisis dan membandingkan dengan para kompetitor saja namun fitur menarik yang ada pada Ahrefs selanjutnya adalah content explorer yang memungkinkan kamu mencari tahu kira-kira konten apa yang saat ini paling dicari oleh kebanyakan orang di social media

Kalau kamu tertarik dengan tools yang satu ini kamu bisa mengakses website dari Ahrefs untuk informasi lebih lanjut. 

Semrush

Tools jasa pemasaran online selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah Semrush. Tools yang satu ini khusus digunakan bagi kamu yang sudah ahli SEO serta cocok untuk kamu yang sudah memiliki website sendiri. Kegunaan dari tools ini bisa membantumu dalam mengumpulkan informasi yang relevan untuk klien bisnismu. 

Pada tools ini informasi-informasi seperti field bisnis, keyword yang sesuai serta trafik website bisa kamu ketahui serta jika terjadi masalah pada websitemu juga bisa diketahui melalui tools yang satu ini. Perlu kamu ketahui juga bahwa harga yang ditawarkan untuk tools ini setiap bulannya sebesar 119.95 dollar. 

Fitur yang bisa kamu dapatkan di antaranya menganalisis kelemahan serta kelebihan yang dimiliki oleh kompetitor dengan menggunakan competitive research tools. Selanjutnya kamu juga bisa membandingkan traffic websitemu dengan yang dimiliki kompetitor menggunakan traffic analytics. 

Nah jika kamu ingin mengetahui apa saja top keyword yang sedang berlangsung kamu bisa mendapatkannya informasinya dari organic research. 

Menariknya tools ini bisa membandingkan keyword profil para kompetitor satu dengan yang lain bahkan lebih dari 5 kompetitor. Caranya kamu bisa menggunakan SEO tools yang ada pada Semrush ini yaitu keyword gap. 

SociaBuzz

Sesuai dengan namanya, SociaBuzz merupakan salah satu alat atau tools yang sangat berkaitan erat dengan kegiatan-kegiatan sosial. Jadi SociaBuzz ini adalah tools digital marketing yang digunakan untuk menghubungkan bisnis yang kamu miliki dengan para influencer ataupun content creative yang aktif di media sosial.

Hal tersebut karena tools ini memang dirancang khusus digunakan untuk melakukan penawaran dengan para jasa endorse artis, selebgram, Youtuber ataupun jasa kreatif lainnya. Tidak hanya layanan penawaran untuk jasa endorse saja namun tools ini juga dilengkapi dengan fitur yang memuat informasi lengkap para talent yang terdaftar.

Jadi kamu dapat dengan mudah memonitor para talent dalam melakukan pemasaran atau kegiatan lainnya. Selain itu juga ada fitur testimoni dari klien yang akan membuatmu lebih mudah memperbaiki hal-hal yang diinginkan klien terhadap bisnismu. 

SurveyMonkey

SurveyMonkey merupakan sebuah tools jasa pemasaran online yang bisa kamu gunakan dalam melakukan survei online. Seperti yang diketahui melakukan survei ini sangat penting sekali dilakukan untuk mengumpulkan berbagai informasi mulai dari mengetahui keinginan para pelanggan hingga melakukan riset tentang pendapat dan selera yang diinginkan kebanyakan orang. 

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan form yang dikeluarkan oleh search engine yang terkenal itu. Nah SurveyMonkey ini juga sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan form tersebut hanya saja sudah banyak yang membuktikan bahwa tools yang satu ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan platform survei online lainnya.

Hal pertama yang akan kamu temukan jika menggunakan SurveyMonkey untuk survei onlinemu adalah kamu bisa memilih layanan yang sesuai dengan kegiatan bisnismu. Apakah kamu akan memilih layanan yang gratis atau yang berbayar. Perbedaan dari dua layanan ini, pada layanan gratis kamu bisa mengajukan pertanyaan 10 sampai 100 pertanyaan, sedangkan untuk layanan yang berbayar jumlah pertanyaan yang diajukan tidak terbatas.

Kalau kamu memilih layanan gratis, jumlah pertanyaan yang diajukan kepada responden juga sudah banyak sekali dan sepertinya sudah memenuhi jumlah informasi yang ingin kamu dapatkan. Nah namun kalau kamu ingin jumlah pertanyaan yang melebihi 100 pertanyaan maka kamu bisa memilih layanan yang berbayar.

Fitur selanjutnya yang bisa kamu nikmati adalah pengiriman form survei online ini bisa kamu lakukan melalui Facebook ataupun salesforce. Hal ini tentunya akan menguntungkan untukmu karena salesforce itu sendiri merupakan sebuah sistem manajemen hubungan antar pelanggan yang bisa kamu gunakan untuk mengelola akun media sosial serta mengelola penjualan dan melakukan komunikasi dengan para pelanggan dengan tujuan untuk memperoleh umpan balik yang bermanfaat bagi perkembangan bisnismu. 

Piktochart

Setiap tool digital marketing memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Oleh karena itu sebagai fitur yang ditawarkan satu dengan yang lain juga berbeda jadi tidak heran jika beberapa para pebisnis menggunakan tools marketing lebih dari satu. Tools selanjutnya ini merupakan sebuah tools yang akan membantumu dalam membuat konten marketing yang berhubungan dengan chart-chart ataupun bentuk infografis. 

Bagi kamu yang bukan seorang desainer ataupun yang tidak memiliki keterampilan dalam membuat desain hal ini tentunya akan cukup sulit. Oleh karena itu kamu bisa menggunakan jasa pemasaran online untuk menggunakan tools yang satu ini. 

Jadi kamu bisa membuat grafik yang akan menjelaskan sebuah angka, peta maupun video yang ditampilkan dalam infografis. Bentuk infografis ini akan lebih mudah untuk dipahami serta menarik untuk diperhatikan. 

Itulah beberapa rekomendasi daftar tools marketing dari jasa pemasaran online yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat.

About the author

Ari Kurniawan - Founder Mata Badai Studio.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x