Tips Mendapatkan Jasa Digital Marketing Terbaik

arikurniawan

Memilih jasa digital marketing terbaik tentu menjadi suatu keharusan buat Anda yang ingin memasarkan brand atau produk secara maksimal di jejaring sosial. Hal ini tentu juga tidak terlepas dari banyaknya masyarakat Indonesia yang aktif memanfaatkan medsos untuk berbagai keperluan.

8 Kiat Memperoleh Agensi Digital Marketing

Tidak hanya sebagai media eksistensi diri, media sosial juga kerap menjadi jembatan para pemilik bisnis untuk memperkenalkan produk atau layanan yang dimiliki kepada banyak audiens. Akan tetapi, tidak semua perusahaan mampu menjalankan pemasaran secara profesional.

Untuk itu, Anda perlu memilih jasa layanan digital marketing yang tepat untuk membangun bahkan mengembangkan brand yang Anda punya. Supaya hasilnya lebih maksimal, Anda perlu mencermati beberapa langkah pemilihan jasa layanan digital marketing sebagai berikut.

Agensi yang berpengalaman

Langkah awal yang pertama perlu Anda pertimbangkan yakni memilih jasa digital marketing yang sudah memiliki banyak pengalaman. Adapun caranya yakni dengan mengetahui berapa lama agen tersebut sudah berkecimpung di bidang tersebut.

Umumnya, agen dengan pengalaman yang lebih lama juga akan memiliki kualitas yang lebih baik. Kendati usia layanan digital marketing bukan menjadi tolak ukur utama, namun biasanya semakin banyak pengalaman yang dimiliki, akan dapat diketahui bagaimana kualitasnya.

Memastikan latar belakang perusahaan

Kalaupun Anda memilih agensi yang masih baru, maka setidaknya Anda perlu mengetahui latar belakang hingga portofolio perusahaan jasa digital marketing terbaik tersebut. Mengetahui track record perusahaan agensi yang sudah lama eksis juga penting supaya Anda mendapatkan perusahaan yang terbaik.

Salah satu caranya yakni dengan mengecek di media, apakah perusahaan jasa tersebut pernah memiliki kasus atau tidak. Apabila pernah memiliki kasus yang cukup menyita perhatian, tentu hal tersebut wajib menjadi pertimbangan Anda sebelum memilih jasa digital marketing.

Pada agensi yang baru sekalipun, ada baiknya Anda juga mengetahui latar belakang dari perusahaan agensi tersebut. Siapa pemiliknya, kapan didirikan, apakah perusahaan tersebut merupakan rebranding, dan berbagai pertanyaan lainnya perlu Anda pastikan jawabannya.

Cek portofolio

Sebuah layanan digital marketing dikatakan memiliki kualitas yang baik apabila mampu menampilkan portofolio yang baik pula. Portofolio layanan yang pernah dijalankan tentu dapat menjadi pertimbangan tersendiri apakah agen tersebut sudah menjalankan tugasnya dengan baik.

Tidak hanya mengecek portofolio dari pihak agensi, namun Anda juga perlu mengecek berbagai portofolio yang ada di pihak klien dari agensi tersebut. Ketika dicek klien tersebut sudah mendapatkan hasil dari kinerja jasa digital marketing, tentu dapat diketahui apakah agensi tersebut benar-benar sudah mengerjakan tugasnya atau belum.

Dari portofolio ini tentu dapat diketahui banyak hal, mulai dari strategi yang diterapkan, hasil yang dicapai, hingga apakah sesuai dengan budget yang Anda miliki. Riset seperti ini tentu terbilang sangat penting supaya Anda tidak kecewa di kemudian hari.

Ketahui ketersediaan layanan

Yang juga tidak kalah penting sebelum memilih jasa digital marketing terbaik yakni mengetahui layanan apa saja yang tersedia pada agensi tersebut. Seperti yang sudah dipahami, ada berbagai jasa dan layanan digital marketing yang bisa Anda gunakan, mulai dari iklan online, jasa medsos, dan sebagainya.

Pastikan kembali apakah semua layanan yang Anda butuhkan tersedia dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang Anda inginkan. Cek juga apakah layanan tersebut sesuai dengan budget yang Anda miliki sehingga hasilnya bisa lebih sesuai.

Selain melakukan riset sendiri, ada baiknya Anda juga menanyakan kepada pihak agensi, terutama dari pihak customer service hingga bagian sales. Pastikan kembali tarif setiap layanan yang disediakan beserta dengan paket jasa yang Anda inginkan.

Teknologi yang digunakan

Cari tahu juga metode dan teknologi apa yang umumnya dipakai oleh agensi digital marketing tersebut. Pastikan apakah hal tersebut dapat membantu Anda membangun branding bisnis lebih baik lagi, hingga tentu saja membantu mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Sebagai contoh, suatu agensi menggunakan teknologi AI alias Artificial Intelligence seperti yang baru-baru ini sedang menjadi tren. Teknologi ini kemudian diaplikasikan dalam bentuk chatbot dengan tujuan untuk meningkatkan layanan pelanggan.

Dari teknologi yang ditawarkan tersebut, Anda tentu dapat mempertimbangkan apakah bisnis yang Anda jalankan mampu dan membutuhkan teknologi tersebut atau tidak. Terlebih, teknologi terbaru ini tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Cek juga apakah jasa digital marketing terbaik tersebut memiliki opsi layanan atau teknologi yang lain.

Punya tim yang ahli

Selain berbagai pengalaman, portofolio, hingga teknologi yang dipakai, tentunya perlu dilihat apakah agensi digital marketing tersebut memiliki tim yang ahli di bidangnya. Terlebih jika Anda ingin melakukan pemasaran brand melalui media sosial, tentu saja tim dari agensi pemasaran tersebut harus benar-benar menguasainya.

Hal ini tidak terlepas dari perbedaan model pemasaran melalui media sosial dengan model pemasaran digital lainnya. Ada baiknya Anda memastikan bahwa perusahaan digital marketing tersebut memiliki tim yang ahli dan mampu mengemas brand dengan karakter yang lebih kuat.

Cek juga apakah agensi tersebut mempunyai tim yang berkompeten dalam penulisan, fotografi, editor, animator, dan berbagai hal lain yang akan mendukung efektivitas pemasaran melalui media sosial seperti yang perusahaan Anda inginkan.

Mampu memahami kebutuhan klien

Tentunya, sebuah jasa digital marketing terbaik akan senantiasa mengetahui kebutuhan kliennya dengan memahami bahkan memberikan saran sesuai kebutuhan bisnis pada jasa iklan yang mereka jalankan. Misalnya jika bisnis Anda kurang cocok melakukan pemasaran dengan video, maka pihak agensi dapat memberi arahan hingga tips menggunakan media yang lain.

Dengan demikian, dapat dilihat jika agensi tersebut tidak hanya sekadar bekerja sama dengan bisnis Anda namun peduli dengan kebutuhan Anda. Hal ini tentu saja menjadi poin plus yang menunjukkan bagaimana service yang disediakan oleh jasa marketing tersebut.

Tidak hanya sekadar memberi saran, namun agensi digital marketing yang baik tentu juga akan mempunyai strategi khusus untuk meningkatkan keberhasilan engagement di media sosial hingga pada akhirnya memberikan dampak positif seperti yang diharapkan.

Cek strategi pemasarannya

Mengetahui berbagai strategi pemasaran yang dijalankan perusahaan digital marketing tersebut juga merupakan hal penting. Selain melalui portofolio, Anda juga perlu memastikan apakah agensi tersebut mempunyai database hingga materi iklan pemasaran yang kuat dan luas.

Jangan ragu untuk mencari informasi dari klien yang sudah bekerja sama dengan perusahaan digital marketing tersebut. Pastikan kembali ulasan atau pengalaman yang dialami oleh pengguna jasa, apakah sesuai dengan ekspektasi Anda. Dari sini, dapat diketahui gambaran kualitas dari agensi tersebut.

Itulah 8 tips mendapatkan jasa digital marketing terbaik. Pastikan kembali brand dan produk Anda ditangani oleh agensi yang tepat supaya pemasaran bisnis dapat lebih efektif dan pada akhirnya tidak merugikan perusahaan. Semoga terbantu!

About the author

Ari Kurniawan - Founder Mata Badai Studio.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x