3 Hal yang Perlu Diketahui tentang YouTube Shorts

arikurniawan

YouTube Shorts adalah YouTube dalam format video pendek vertikal seperti Tiktok dan Instagram Reels. Fitur ini mulai dirilis pada Juli 2021 di aplikasi YouTube. Karena besarnya jumlah kreator YouTube bahkan sebelum kepopuleran format video pendek, YouTube Shorts berkembang dengan sangat pesat.

Ukuran Video Shorts YouTube

Berapa ukuran dan dimensi optimal untuk YouTube Shorts? YT Shorts secara default menggunakan aspek rasio portrait 9:16 (1080 x 1920 pixel) saat dibuat menggunakan aplikasi YouTube di mobile. Tapi, ukuran video YouTube Shorts juga bsia dibuat persegi 1:1 (1080 x 1080 pixel).

Berapa ukuran dan dimensi YouTube Shorts? YouTube Shorts secara otomatis berubah menjadi rasio aspek potret 9:16 (1080 piksel x 1920 piksel) saat menggunakan tombol Buat. Pengguna juga dapat membuat YouTube Shorts persegi 1:1 (1080 piksel x 1080 piksel) jika ingin.

Cara Upload YouTube Shorts

  1. Login ke aplikasi YouTube.
  2. Ketuk Buat "" lalu "" Buat video Shorts.
  3. Untuk membuat video Shorts berdurasi lebih dari 15 detik, ketuk 15 detik di sudut kanan atas untuk merekam hingga 60 detik (60).
    Catatan: Rekaman yang menggunakan musik dari koleksi YouTube atau audio asli dari video lain dibatasi maksimal 15 detik.
  4. Untuk merekam klip, tahan tombol Rekam "" atau ketuk untuk mulai merekam, lalu ketuk lagi untuk berhenti.
  5. Ketuk Urungkan "" untuk menghapus klip video yang Anda rekam sebelumnya, atau ketuk Ulangi "" untuk menambahkannya kembali.
  6. Ketuk Tutup  lalu pilih untuk Mulai lagi atau Simpan sebagai draf dan keluar dari kamera. 
  7. Ketuk Selesai "" untuk melihat pratinjau dan memperbaiki video Anda.
  8. Ketuk Kembali "" untuk kembali ke layar rekaman. Anda juga dapat mengetuk Kembali "" setelah mengedit untuk Mulai lagi atau Simpan sebagai draf dan keluar dari editor. Menyimpan draf di tahap ini akan menyimpan semua hasil edit yang Anda buat.
  9. Ketuk BERIKUTNYA untuk menambahkan detail ke video Anda. Dari layar ini, tambahkan judul (maks. 100 karakter), dan pilih setelan, seperti privasi video.
    Catatan: Setelan privasi video default untuk kreator berusia 13–17 tahun adalah pribadi. Jika kamu berusia 18 tahun ke atas, setelan privasi default untuk video Anda adalah publik. Semua orang dapat mengubah setelan ini untuk menyetel video ke publik, pribadi, atau tidak publik.
  10. Ketuk Pilih penonton lalu “Ya, video ini Dibuat untuk Anak-Anak” atau “Tidak, video ini tidak Dibuat untuk Anak-Anak” untuk memilih penonton Anda. Pelajari lebih lanjut setelan Dibuat untuk Anak-Anak.
  11. Ketuk UPLOAD VIDEO SHORTS untuk memublikasikan video Shorts Anda.

Pendapatan YouTube Shorts

YouTube Shorts menjadi salah satu syarat untuk bisa monetize akun YouTube. Sebelumnya, sebuah akun YouTube harus memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam 1 tahun terakhir. Kini, channel YouTube bisa memiliki alternatif yaitu 1000 subscriber dan 10 juta tayangan YouTube Shorts dalam 90 hari terakhir.

Per 1 Februari 2023, kreator bisa menghasilkan uang dengan format Revenue Sharing di YouTube Shorts. Sedikit berbeda dengan video YouTube biasa, mendapatkan uang dari YouTube Shorts dihitung berdasarkan pool yang dihasilkan bersama.

Contoh

  • Kreator YouTube Shorts di Indonesia bersama-sama menghasilkan pendapatan 100 juta Rupiah dari 100 juta views dalam 30 hari terakhir.
  • Misalnya semua video tersebut menggunakan 1 musik yang sama, maka 20% dari pendapatan itu akan digunakan untuk membayar lisensi musik. Sehingga pendapatan bersama menjadi total 90 juta.
  • Misalnya videomu berhasil mendapatkan 1% atau 1 juta views dari 1 musik di Indonesia, maka dana yang dialokasikan untukmu adalah sebesar Rp.900.000.
  • 45% akan menjadi pendapatkanmu yaitu sebesar Rp.405.000.

Kecil ya? Tidak juga karena ini baru perhitungan 1 video dengan 1 musik di 1 negara. Kalau videomu menggunakan original audio atau voice over, maka tidak akan ada pemotongan 20% untuk biaya lisensi musik.

About the author

Ari Kurniawan - Founder Mata Badai Studio.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x