5 Iklan Kuno yang Sulit Dipercaya

arikurniawan

Di Indonesia, periklanan diatur oleh Etika Pariwara Indonesia (EPI) yang terakhir kali diamandemen tahun 2020, selain itu ada juga beberapa Undang-Undang yang mengaturnya. Peraturan ini berlaku untuk iklan konvensional (baliho, iklan TV, iklan radio) dan juga iklan online seperti Instagram Ads.

Tapi, di masa lalu, terutama di awal tahun 1900-an hingga 1990-an, banyak iklan nyeleneh yang sulit dipercaya dengan produk-produk ‘unik’ yang mungkin sudah ilegal atau tidak diproduksi saat ini. Berikut ini 5 diantaranya:

Botol Cebok

Botol Cebok adalah produk yang digunakan oleh kaum menengah-atas selama masa kolonial di Indonesia (Hindia Belanda kala itu). Dari namanya sudah sangat jelas fungsi dari produk satu ini. Tapi yang membuatnya sulit dipercaya adalah tulisan peringatan pada iklannya.

“Awas berbahaya botol dimasukkan dalam lobang pantat”

“Awas bukan air minum”

Ada juga kalimat himbauan dibagian bawah “na gebruik vingers aan de muur afvegen!” yang artinya “lap jari ke dinding setelah pemakaian!”

Kamar Hotel dengan Lampu Listrik

Saat listrik masih merupakan hal baru, banyak kamar hotel harus ‘menjelaskan’ bahwa tidak diperlukan korek api untuk menyalakan lampu, cukup menekan tombol. Belum lagi kalimat penjelasan bahwa lampu listrik tidak berbahaya bagi kesehatan dan tidak menganggu kualitas tidur.

Bahkan, 50 tahun setelah bola lampu ditemukan, hanya sekitar 50% rumah yang memiliki listrik di Amerika Serikat. Jadi, tidak heran iklan seperti ini muncul diawal kemunculan listrik dan bola lampu.

The “Real” Oreo

Tahukah kamu bahwa Oreo bukanlah ‘Oreo’ pertama?

Iklan diatas diproduksi oleh Hydrox, perusahaan ‘pertama’ yang merilis kukis cokelat dengan isian krim, 4 tahun sebelum Oreo dirilis. Namun, saat Oreo jadi populer, banyak orang mengira bahwa Hydrox-lah yang mencontek Oreo.

Salah satu penyebab Hydrox kurang populer mungkin karena faktor namanya, yang lebih cocok untuk produk pembersih dibandingkan kukis.

Memperkenalkan Email

Email sendiri sudah ditemukan pada tahun 1971 tapi baru mulai umum digunakan untuk bisnis dan pribadi pada pertengahan tahun 1990-an. Salah satu penyebabnya adalah sulitnya membayangkan konsep email bagi banyak orang.

Seperti iklan dari Honeywell diatas yang menunjukan menerima email akan terasa seperti sebuah sihir yang sulit dijelaskan.

Iklan Gelas Plastik (Sekali Pakai)

Iklan gelas plastik diatas menunjukan bagaimana produk mereka, “Dixie Cup” bisa digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga. Mulai dari wadah, cetakan kue hingga untuk menguping tetangga sebelah.


Itulah 5 iklan kuno / lama yang sulit banget dipercaya entah karena produknya yang tidak biasa atau memang iklannya yang dibuat sangat unik.

About the author

Ari Kurniawan - Founder Mata Badai Studio.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x