Cara Membuat Video Trend Tiktok Sendiri

arikurniawan

Trend Tiktok berubah hampir setiap hari, dan biasanya trend video tiktok hanya bertahan beberapa minggu. Jadi, kalau kamu sedang mencari cara membuat video trend tiktok, cara terbaik untuk menemukannya adalah dengan klik disini.

Sebelumnya Mata Badai Studio juga pernah menulis tentang cara menambah follower Tiktok, bisa dibaca ya.

Kalau kamu sedang punya rencana dan keinginan untuk membuat trend tiktok sendiri. Maka, kamu datang ke tulisan yang tepat. Di tulisan ini akan dijelaskan formula rahasia trend tiktok. Walaupun trend tiktok biasanya muncul secara tiba-tiba, tapi setiap trend biasanya memiliki ‘inspirasi video’ atau ‘genesis video’ yang menjadi pemicunya.

Dibawah ini akan dijelaskan bagaimana menciptakan ‘genesis video’-mu sendiri sehingga bisa menjadi pemicu trend tiktok terbaru.

Formula Rahasia Trend Tiktok dikenal sebagai S-U-R-F.

  • Simple
  • Universal
  • Reactive
  • Followers

Video Harus Simple

Videomu haruslah memiliki format yang jelas, mudah dikenali dan hampir semua orang bisa membuat ulang video yang sama tanpa banyak usaha.

Contohnya adalah trend tangan tiktok yang bisa dibuat ulang oleh siapapun tanpa perlu banyak usaha. Ini juga alasan kenapa sebagian besar trend dance tiktok hanya menunjukan badan atas. Gerakan dance ini lebih mudah untuk dipelajari dibandingkan dengan gerakan dance yang mengharuskan gerak kaki juga.

Elemen Universal

Salah satu yang sulit dalam menciptakan sebuah trend tiktok adalah mendapatkan elemen yang universal. Untuk membuat sebuah trend yang besar, trend tersebut haruslah bisa membuat semua orang merasa ‘aku banget’.

Semakin sedikit orang yang bisa menghubungkan dirinya dengan sesuatu, semakin kecil kemungkinan akan terciptanya sebuah tren.

Videomu haruslah bisa mencantumkan elemen-elemen yang (hampir semua) orang pernah lakukan atau alami dalam hidupnya. Misalnya tren yang berhubungan dengan keluarga, pasangan, teman, hewan peliharaan, hobi dan kehidupan sehari-hari.

Reactive

Tonton setiap video trend tiktok, sudah jelas banget ada sebuah formula rahasia dan faktor X dalam setiap video. Ada ‘sesuatu’ yang membuatmu ingin memberikan reaksi.

Reaksi emosional sangat penting untuk membuat sebuah trend tiktok menjadi viral. Beberapa studi menunjukan hasil sebagai berikut:

Trend yang viral umumnya, “mengagetkan, memiliki emosi yang kompleks atau sangat positif”

Ingat trend “Yo bro, who got you smilin’ like that’?

Trend ini dipenuhi oleh emosi positif (apa yang membuat seseorang tersenyum) dan elemen kejutan (menunjukan apa yang membuat dia senang).

Jumlah Followers Cukup Membantu

Walaupun tidak menjadi penentu utama, tapi memiliki jumlah followers yang cukup akan semakin tinggi kemungkinan videomu akan menjadi trend tiktok. Semakin banyak follower; semakin tinggi kesempatan mendapatkan partisipasi dari followermu.

Tapi, tenang… Follower tidak menjadi elemen penentu utama dari sebuah trend tiktok. Beberapa trend terbesar di Tiktok dimulai oleh akun-akun dengan jumlah follower yang tergolong kecil.

About the author

Ari Kurniawan - Founder Mata Badai Studio.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x