5 Syarat & 2 Cara Mendapatkan Centang Biru Instagram

arikurniawan

Kalau kamu sedang mencari cara mendapatkan centang biru Instagram, maka kamu datang ke tempat yang tepat. Di artikel ini akan dijelaskan lengkap mulai dari syarat mendapatkan centang biru, manfaat centang biru, tips centang biru Instagram hingga dua cara mendapatkannya (cara kedua sangat mudah!).

Arti dari centang biru di Instagram sendiri adalah bahwa akun tersebut terverifikasi merupakan milik seseorang (biasa public figure) atau merupakan akun resmi yang mewakili perusahaan / organisasi.

Dengan adanya centang biru pada sebuah akun, ini juga menyatakan bahwa akun lainnya yang mengatasnamakan orang/organisasi tersebut adalah akun palsu.

5 Syarat Centang Biru di Instagram

Apakah jumlah Followers menjadi Syarat centang biru?

Jawabannya, tidak! Inilah mengapa beberapa brand dengan followers yang cenderung kecil bahkan dibawah 100K bisa mendapatkan centang biru.

Instagram menyatakan ada 5 syarat untuk mendapatkan centang biru di platform mereka. Sebuah akun bisa mengajukan verifikasi setelah memenuhi kelima syarat berikut:

  • Patuh pada Terms of Use (TOS) dan Community Guidelines Instagram. Ini termasuk tidak melakukan spam di konten maupun komentar, tidak melakukan bully pada orang lain dan hal-hal yang melanggar TOS dan Community Guidelines lainnya.
  • Akun Lengkap. Akun Instagram harus bersifat public, memiliki bio, foto profil dan aktif saat mengajukan verifikasi centang biru.
  • Otentik. Akun harus mewakili seseorang yang benar ada atau bisnis/organisasi yang terdaftar.
  • Unik. Hanya satu akun terverifikasi yang bisa mewakili satu orang atau satu bisnis/organisasi. Pada kasus tertentu, bisnis yang sama dalam bahasa yang berbeda bisa mendapatkan verifikasi. Instagram juga tidak bisa memverifikasi akun dengan ketertarikan umum (misalnya: memekantor).
  • Terkenal. Akun harus mewakili seseorang/brand/bisnis yang dikenal banyak orang atau banyak dicari. Setiap akun yang mengajukan centang biru setidaknya harus pernah muncul di beberapa situs berita, dan paid / sponsored content tidak akan dihitung.

Cara Mendapatkan Centang Biru Instagram

Kalau akun Instagrammu sudah memenuhi syarat diatas, maka cara mendapatkan verified Instagram sangatlah mudah. Cara mendapatkan centang biru Instagram tahun 2023 sebenarnya sudah ada dua yaitu verifikasi langsung (gratis) dan verifikasi berbayar.

Berikut ini cara mengajukan verified Instagram langsung yang gratis.

  1. Siapkan dokumen yang diperlukan (pengenal seperti KTP/SIM/Paspor untuk Individu, Akta Pendirian untuk perusahaan atau surat legal lainnya untuk instansi/organisasi lain)
  2. Login ke akun Instagrammu di iOS atau Android.
  3. Buka profile Instagrammu (klik di pojok kanan bawah)
  4. Lalu klik bagian menu (baris tiga) di pojok kanan atas
  5. Pilih Pengaturan / Setting
  6. Kemudian pilih pilihan Account / Akun dan pilih “Request Verification” / “Minta Verifikasi”
  7. Di halaman ini akan ada beberapa hal yang diperlukan seperti nama lengkap, dokumen legalitas, kategori akun, lokasi/negara asal. Di bagian ini juga bisa memasukan link berita tentang dirimu / bisnis yang ingin diverifikasi. Memasukan link tidak menjamin keberhasilan verifikasi 100% tapi bisa memperbesar kesempatannya.
  8. Klik tombol “Submit” jika sudah selesai

Catatan: Instagram akan memberikan notifikasi dalam 30 hari apakah mengajuan verifikasimu disetujui atau tidak.

Jika permintaanmu ditolak, maka kamu bisa mengajukan ulang setelah 30 hari.

Cara Mudah Mendapatkan Centang Biru Instagram

Tahun 2023, Meta memperkenalkan Meta Verified, sederhananya ini adalah cara mendapatkan centang biru di Instagram dan Facebook dengan berlangganan (membayar). Sampai artikel ini ditulis, fitur Meta Verified bisa didapatkan dengan biaya $11.99/bulan di web dan $14.99/bulan di aplikasi iOS dan Android.

Syarat Meta Verified juga lebih mudah dibandingkan cara dapat centang biru Instagram biasa yaitu:

  • Mematuhi TOS dan Community Guidelines Instagram
  • Harus berusia 17+ tahun
  • Memiliki riwayat aktivitas (bukan akun baru dibuat)
  • Memiliki tanda pengenal resmi pemerintah dengan nama dan foto yang sesuai
  • Mengaktifkan otentifikasi dua faktor

Sayangnya, fitur ini baru dalam masa percobaan di Australia, Selandia Baru dan Amerika Serikat. Namun Meta mengatakan bahwa fitur ini nantinya akan dirilis secara global.


Tips Mendapatkan Centang Biru Instagram

Mendapat dan mengklaim centang biru Instagram sebenarnya merupakan hal yang mudah bagi orang / perusahaan yang memang berhak mendapatkannya. Tapi jika kamu merasa belum memenuhi syarat, beberapa tips dibawah ini bisa membantu.

  • Bangun Brandmu dan Aktif di Instagram. Bangunlah brandmu dengan posting secara berkala, jika butuh ide, silakan cek 30 ide konten Instagram untuk sebulan kami.
  • Jauhi tindakan negatif. Untuk menerapkan cara mendapatkan centang biru Instagram, hindari tindakan negatif seperti membeli followers, likes dan views serta spam comment di akun lain. Cara itu udah kuno!

About the author

Ari Kurniawan - Founder Mata Badai Studio.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x