8+ Website Gambar Gratis Free-Royalty

arikurniawan

Kalau kamu memerlukan gambar gratis untuk apapun kebutuhan tapi takut jika gambar yang kamu gunakan mungkin memiliki hak cipta, maka ini adalah solusinya.

Daftar website gambar gratis free-royalty berisikan kumpulan website yang sebagian besar berisikan gambar yang bisa digunakan secara bebas, tanpa takut terkena hak cipta atau membayar royalti di kemudian hari. Keajaiban internet!

Selain daftar penyedia gambar gratis, mungkin kamu memerlukan juga:

Kenapa harus menggunakan website gambar gratis?

Seperti sudah dijelaskan diawal, beberapa gambar di Google dan internet pada umumnya bisa saja memiliki hak cipta. Hak cipta ini melindungi gambar tersebut dari digunakan oleh orang lain untuk kebutuhan komersial. Pelanggaran hak cipta bisa membuatmu berakhir dengan kewajiban membayar hak cipta / royalti atau bahkan mungkin menghadapi hukum pidana.

Sebenarnya adalah lebih banyak lagi website gambar gratis, tapi pilihan dalam daftar ini dipilih karena:

  • Jumlah koleksi gambarnya yang banyak dan terus bertambah
  • Kategori dan jenis gambarnya yang beragam

Dupe Photos

website gambar gratis

Sedikit berbeda dengan website penyedia gambar gratis lain di daftar ini, Dupe Photos berfokus pada social-first image. Mereka memiliki deskripsi “Dupe is the place for royalty-free imagery that you actually want to use“. Gambar yang mereka sediakan oleh kreator yang khusus membuat gambar untuk kebutuhan sosial media.

Unsplash

Unsplash ada di daftar atas karena kualitas dan keberagaman gambar yang dimiliki. Ada banyak fotografer profesional yang membebaskan karyanya dipakai di Unsplash. Banyak juga stock photo dengan kualitas studio/profesional yang tersedia di website ini.

Pixabay

Pixabay mengklaim memiliki lebih dari 4,4 juta gambar gratis dan video dalam koleksinya. Sedikit berbeda dengan Unsplash, Pixabay tidak hanya menyediakan gambar/foto tapi juga video, vector, ilustrasi, hingga musik dan sound effect. Pixabay juga merupakan anak perusahaan dari Canva.

Pexels

Pexels adalah pilihan terbaik berikutnya untuk mendapatkan gambar gratis untuk berbagai kebutuhanmu. Keunggulan dari Pexels diantaranya adalah penyediakan footage dengan kualitas gambar dan video yang sangat tinggi. Beberapa video gratis yang ada dalam koleksi Pexels bahkan memiliki resolusi hingga 4K!

Burst

Burst adalah salah satu produk dari Shopify, salah satu penyedia website toko online terbesar di dunia. Koleksi mereka cukup beragam mulai dari pemandangan, hingga produk-produk seperti kopi, makeup hingga tentu saja berbagai peralatan dengan branding Shopify. Burst sangat tepat bagi kamu yang memerlukan gambar seputar produk.

Freepik

Freepik mungkin lebih dikenal dengan penyedia berbagai aset gratis, namun Freepik juga memiliki koleksi gambar gratis dengan kualitas yang sangat bagus. Ditambah dengan besarnya koleksi yang dimiliki, Freepik merupakan salah satu website gambar gratis terbaik yang bisa kamu temukan dalam daftar ini.

Librestock

Sedikit berbeda dengan website gambar gratis dalam daftar ini, Librestock TIDAK MENYEDIAKAN GAMBAR-nya sendiri. Librestock adalah mesin pencari gambar yang bisa digunakan secara gratis. Layanan mereka akan mencari dan mengindex berbagai gambar yang bisa digunakan secara gratis (free-royalty), mirip seperti Google Images khusus gambar tanpa royalti.

FoodiesFeed

Kalau kamu sedang mencari foto atau gambar makanan gratis dengan kualitas profesional, FoodiesFeed adalah jawabannya. Mereka berfokus pada makanan, dimana semua foto makanan yang ada di website mereka bisa digunakan secara pribadi maupun komersial tanpa perlu membayar royalti

SplitShire

SplitShire berawal dari sebuah project pribadi yang dibuat untuk membagikan koleksi foto dari seorang fotografer profesional. Dibandingkan website gambar gratis dalam daftar ini, koleksi dari SplitShire mungkin adalah yang paling sedikit. Tapi, kualitas yang dimiliki hampir semuanya setara foto profesional.


Itulah 8+ kumpulan website gambar gratis yang menyediakan gambar dan foto yang bisa digunakan secara gratis dan tanpa perlu membayar royalti (free royalty) pada pemilik hak cipta.

About the author

Ari Kurniawan - Founder Mata Badai Studio.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x