30 Ide Konten Instagram Sebulan untuk Bisnis!

arikurniawan

Kami tahu betul bahwa era digital saat ini membutuhkan strategi untuk berkembang dan menjangkau audiens yang lebih luas. Oleh karena itu, bisnis dan kreator konten harus memiliki ide konten yang menarik untuk platform sosial media seperti Instagram.

Jika Anda memerlukan 30 Ide Konten Instagram dalam 30 Hari tapi tidak ada waktu untuk produksi konten? Serahkan saja pada Jasa Kelola Instagram dari Mata Badai Studio. Hubungi kami dengan klik disini.

Untuk memastikan konten yang diposting bermanfaat bagi pertumbuhan bisnis, banyak bisnis menggunakan jasa kelola sosial media dari agensi. Platform sosial media seperti Instagram terus berkembang dan membutuhkan konten yang segar dan inovatif.

Sementara itu, ada juga platform baru seperti Tiktok yang memerlukan pendekatan yang berbeda dan ide-ide yang lebih unik.

Tapi, siapa sih yang mau viral sekali saja kalau bisa berkali kali?

Kalau kamu kehabisan ide konten Instagram untuk bisnis, tidak usah khawatir. Berikut ini adalah 30 ide konten Instagram yang bisa digunakan untuk konten sosial media lain juga seperti Tiktok, Facebook dan lainnya.

  1. Kutipan Inspirasi. Orang orang selalu suka dengan dosis harian motivasi, pastikan motivasinya sesuai dengan karakter dari audiensmu ya.
  2. Blog & Artikel. Kalau baru saja mempublikasikan artikel baru di blog, bisa loh artikel itu dijadikan sebagai bahan untuk konten di sosial media.
  3. Cerita Asal Mula Bisnis. Bagaimana bisnismu dimulai? Apa yang menginspirasimu untuk menjadi seorang kreator konten. Ceritakan pada audiensmu bagaimana hal itu bisa terjadi.
  4. Tentang Kami. Pernah lihat konten yang isinya seperti, “Ada banyak followers baru nih, jadi aku mau memperkenalkan diri ulang ya! Namaku Ari dan disini aku berbagi tentang…” Ya, bikin konten yang seperti itu.
  5. Tutorial. Konten (video, artikel, gambar) paling populer adalah tutorial. Edukasi audiensmu dan tunjukan nilai tambah yang bisa kamu beri karena mereka mengikutimu di sosial media.
  6. Testimoni. Tidak ada yang lebih kuat dibandingkan rasa percaya pada manusia lainnya. Social proof selalu cara terbaik untuk meyakinkan calon konsumen.
  7. Promosi produk/jasa. Tidak ada salahnya memasukan promosi sebagai salah satu ide konten Instagram. Sesekali promosikan tentang produk/jasa yang kamu miliki.
  8. Jawab pertanyaan. Sering mendapat pertanyaan seputar bisnis atau topik tertentu? Jadikan jawaban dari pertanyaan tersebut sebagai salah satu konten Instagrammu.
  9. Giveaway dan Kontes. Berkolaborasilah dengan bisnis / kreator / brand untuk memberikan giveaway yang berarti. Atau buatlah kontes sendiri untuk meningkatkan engagement dan followers akun Instagram.
  10. Hari Raya. Hari Raya seperti Lebaran, Natal dan Nyepi adalah contoh yang mudah. Tapi, kenapa harus berhenti disana saja? Cobain posting tentang “World Asteroid Day” misalnya.
  11. Throwback / Postingan Nostalgia. Tau tentang tagar #throwbackthursday? Tunjukan sebuah postingan / foto / konten dari masa lalu saat awal masa bisnis atau pekerjaanmu sebelumnya.
  12. Behind the scenes. Orang itu kepo banget dengan orang lainnya. Inilah alasan kenapa sosial media populer. Kita kagum pada kehidupan orang lain. Jadi, tunjukan saja apa yang sebenarnya terjadi di belakang layar.
  13. Fakta Lucu. Dibanding hanya membagikan informasi seputar bisnis dan diri sendiri, coba bagikan juga fakta lucu atau unik yang kamu atau bisnismu miliki.
  14. Promosikan Channel-mu yang lain:.Punya email list? Punya channel di YouTube? Punya kumpulan foto di Unsplash? Jangan pernah ragu untuk menjadikan promosi sebagai salah satu ide konten Instagram.
  15. Konten dari Audiens. Mungkin salah satu followers menggunakan produkmu atau sedang menggunakan jasamu? Posting atau repost konten mereka.
  16. Studi kasus. Kalau sedang ingin membuat konten yang lebih ‘berisi’, studi kasus adalah sesuatu yang pas banget untuk membuktikan kebenaran argumenmu.
  17. Sesuatu yang Membantumu Selama Ini. Apa yang membantu bisnismu selama ini untuk bisa terus berjalan? Apakah sebuah software, sebuah newsletter atau website? Beritahu orang. Berhenti merahasiakan!
  18. Pelajaran Berguna. Belajar sesuatu yang baru belakangan ini? Yuk bagikan. Buatlah cerita singkat mengenai ‘kelemahan’-mu dan bagaimana hal ini membuatmu mau belajar hal baru.
  19. Meme. Meme adalah masa depan. Meme adalah konten yang lucu dan sangat mengundang interaksi. Meme juga lebih mudah menjangkau berbagai tingkat audiens yang berbeda.
  20. Pertanyaan. Cara lain menarik perhatian audiens adalah dengan pertanyaan terbuka. Manusia suka membicarakan tentang dirinya, jadi berikan pengikutmu kesempatan melakukannya.
  21. Promosikan Gratisan. Menemuakn ebook atau panduan gratis yang mungkin berguna bagi followersmu? Post aja! Orang suka yang gratisan.
  22. Shoutout pada Mentor / Bisnis. Tidak semua hal harus menjadi kompetisi, kita semua bisa menang sama-sama. Jadi, jangan malu untuk memberikan shoutout pada mentor atau bisnis yang menginspirasi kamu.
  23. ‘Masalah’ Pribadi. Orang selalu menyukai orang yang menjadi dirinya sendiri. Kita selalu suka merayakan keberhasilan, tapi keberhasilan tidak akan terjadi tanpa masalah. Jadi, jangan segan untuk berbagi tentang ‘masalah’ yang kamu alami selama bekerja / berbisnis.
  24. Tips. Kalau kamu ingin menjadi ahli di bidang tertentu, bangunlah kredibilitas dengan cara berbagi tips, trik dan hack yang berguna.
  25. Buku / Film Favorit: Berbagilah seputar buku atau film sesuai dengan industri / bidang yang akunmu targetkan dan bantu orang menambah wishlist buku dan film mereka.
  26. Pencapaian: Rayakan keberhasilan besar maupun kecil yang kamu dapatkan bersama para followersmu.
  27. Alasan / Inspirasimu: Apa yang membuatmu terus bekerja dan melangkah maju? Apa dari hal tersebut yang menginspirasimu?
  28. Fakta / Statistik Industri: Tidak ada yang lebih meyakinkan dibandingkan angka. Berikan fakta atau statistik yang berhubungan dengan industri bisnismu dan ubah menjadi konten yang relevan.
  29. Konten Lama yang Populer: Daur ulang konten lamamu yang populer. Kemungkinan besar konten tersebut akan populer lagi kok.
  30. Penawaran Khusus: Berikan pengikutmu alasan untuk terus mengikuti. Berikan diskon atau penawaran sesekali, apalagi dibuat eksklusif untuk para followers di Instagram misalnya.

Itulah 30 ide konten Instagram yang bisa kamu gunakan untuk mengelola akun Instagram bisnismu selama sebulan tanpa takut kehibisan ide.

About the author

Ari Kurniawan - Founder Mata Badai Studio.

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] membagikan 30 ide konten Instagram untuk bisnis dan 45 ide konten YouTube yang menarik, sekarang tim Mata Badai akan berbagi bagaimana kami […]

trackback

[…] Aktif di Instagram. Bangunlah brandmu dengan posting secara berkala, jika butuh ide, silakan cek 30 ide konten Instagram untuk sebulan […]

2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x