7 Tips Copywriting Instagram Ads

arikurniawan

Copywriting adalah 99% tentang psikologi.

Hampir semua artikel dan tips copywriting umumnya hanya memberitahu tipsnya tanpa memberikan contoh penggunaannya. Tapi pada artikel kali ini kami akan berbagi 7 tips copywriting beserta menjelaskan pemicu psikologi yang membuatnya bisa berhasil dan CONTOH-nya juga.

Bermain dengan Harga

Pemicu Psikologi: Berhemat

Siapa sih yang tidak mau bisa berhemat? Jika ada kesempatan untuk mendapatkan harga yang lebih murah, maka orang pasti akan memilih pilihan yang termurah. Salah satu contohnya adalah iklan dari Huel berikut ini.

Huel tidak menjual produk dengan fakta nutrisi yang dimiliki, tapi mereka menjual kemudahan mendapatkan makan siang hanya seharga $3.76. Inilah kenapa mereka meletakkan harga sebagai poin utama di bagian atas.

Formula ini selalu berhasil, buktinya Huel terjual cukup banyak di seluruh dunia.

Terlihat seperti Konten Biasa

Pemicu psikologi: Kemiripan

Kesalahan banyak copywriter adalah konten iklan mereka terlihat seperti iklan. Padahal, jika konten bisa terlihat tidak seperti iklan maka calon pelanggan lebih mungkin untuk berhenti dan melihat konten iklan.

Salah satu contohnya adalah konten iklan dari Casper berikut ini. Dengan menggunakan pilihan font, visual dan audio yang trending, iklan mereka terlihat seperti konten biasa.

Kuncinya adalah buatlah iklan yang tidak terlihat seperti iklan.

Karena Banyak yang Beli

Pemicu Psikologi: Social Proof

Memanfaatkan testimoni pelanggan atau bahasa kerennya Social Proof adalah salah satu tips copywriting yang sudah sering digunakan tapi masih belum dioptimalkan banyak pengiklan.

Salah satu contohnya adalah iklan dari Jones Road dibawah ini, mereka menggunakan testimoni salah satu pelanggannya sebagai copywriting iklan. Menambahkan bintang dan jumlah review di bagian bawah juga semakin meningkatkan otoritas mereka sebagai brand.

Menjual Otoritas

Pemicu Psikologi: Otoritas

Beberapa brand biasanya diuntungkan dengan memiliki otoritas atau dipercaya oleh orang/lembaga yang dikenal memiliki otoritas.

Misalnya, saat sebuah perusahaan percetakan atau katering dipercaya oleh lembaga pemerintahan / dinas, maka kemungkinan percetakan/katering tersebut juga bagus untuk orang biasa.

Contoh lainnya adalah iklan dari Patek Phillipe berikut yang memanfaatkan fakta bahwa jam tangan mereka juga digunakan oleh Albert Einstein.

Sama-Sama Untung

Pemicu Psikologi: Timbal Balik

Produk maupun software yang memiliki kebijakan Free Trial biasanya memanfaatkan pemicu psikologi berupa timbal balik. Mereka memberikan layanan / coba produk secara gratis sebagai pemicu orang mencoba produk/layanan mereka.

Jika produk/layanannya cocok dan sesuai kebutuhan, maka peluang menjadi pelanggan setia sudah bisa dipastikan akan terjadi secara otomatis.

Salah satu contohnya adalah Lumin, sebuah produk skincare yang memberikan BANYAK produk secara gratis. Ini membuat banyak orang mau mencoba produk mereka dan jika cocok, maka Lumin mendapatkan pelanggan baru ‘seumur hidup’.

Bikin Penasaran Semua Orang

Pemicu Psikologi: Rasa Penasaran

Rasa penasaran, terutama untuk mencoba sesuatu yang baru adalah celah yang sering dimanfaatkan copywriter dalam membuat iklan.

Contohnya adalah iklan dari Spacegoods ini. Kalau kamu masih minum kopi setiap hari dan berencana untuk berhenti, maka iklan ini akan ngena banget.

Visual dan kata-kata yang digunakan tidak menjelaskan secara langsung apa itu Spacegoods, ini akan mengundang orang untuk mencari tahu lebih lanjut.

Buat Orang Merasa Penting

Pemicu Psikologi: Ekslusivitias

Secara psikologi, setiap manusia senang jika dirinya dianggap ‘lebih penting’ dari orang lain. Iklan dari Hollow Alpaca Socks dibawah ini mengklaim bahwa kaos kaki mereka bahkan 3x lebih hangat dari wol.

Copywriting dalam iklan ini memanfaatkan pemicu psikologi rasa penasaran, social proof dan ekslusivitas. Tidak banyak orang yang memerlukan kaos kaki sehangat itu.

Buat Orang Merasa Tidak Nyaman

Pemicu Psikologi: Rasa Takut

Manusia tidak suka merasa tidak nyaman dan tidak suka merasa takut, membuat orang merasakan dua hal ini dan menjual ‘solusi’ yang membuat mereka bisa merasa lebih nyaman adalah kunci sebuah produk yang sukses.

Iklan dari bantal Bliss ini menunjukan keunggulan mereka dibandingkan bantal biasa. Mereka juga membuat seakan-akan bantal biasa adalah sesuatu yang sangat menakutkan.

Ditambah mereka juga bermain dengan penawaran yang menarik berupa diskon hingga 55% yang hanya tersedia selama “Minggu Ini”, menambahkan rasa takut bahwa penawaran harga ini tidak akan berlangsung lama.


Itulah 8 tips copywriting yang bisa kamu manfaatkan dalam membuat Instagram Ads berikut produk / jasamu. Tapi, kalau perlu iklan Instagram Ads yang dibuat oleh profesional, maka jangan ragu untuk menghubungi Mata Badai Studio ya.

About the author

Ari Kurniawan - Founder Mata Badai Studio.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x